Breaking News
Loading...
Thursday, January 19, 2012

perintah dasar pada linux

2:23:00 AM

Perintah Dasar Pada Linux

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Senangnya pada kesempatan kali ini saya masih sempat untuk meng-update blog ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan share sedikit ilmu yang saya miliki tentang Sistem Operasi berbasis Linux. Menggunakan Linux bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung dari kejelian kita sebagai user yang menggunakan. Menurut saya pribadi, Linux jauh berbanding terbalik dengan Windows, saat ini saya sedang beralih menggunakan Linux dan beranjak meninggalkan Windows.
Hal ini dikarenakan pengalaman pribadi saya kurang mengenakkan menggunakan Windows, tapi sebenarnya saya juga sih yang salah, soalnya saya menggunakan Windows Bajakan, wkwkwkwkwkwkkw.... Yang pada akhirnya Windows yang saya miliki begitu mudah untuk dibobol dan dicari kelemahannya. Dan itu merupakan pukulan keras buat saya dalam menggunakan Windows Bajakan, tapi e tapi saya suka yang bajakan soalnya gratis. Nah... untuk lebih mahir dan bisa menggunakan Linux, dikesempatan kali ini saya akan membagi beberapa Perintah - Perintah Dasar pada Linux yang sering digunakan. Buat sobat yang uda tahu dan lebih tahu, silahkan kita saling berbagi di sini. Biar kita sama-sama belajar.

1. ls (list file/Dir) menampilkan daftar file/directori
contoh :
$ ls
$ ls /etc
$ ls /etc | pass
$ ls /etc | more

2. cd (chose dir) memilih directori
contoh :
$ cd /etc
$ cd /var/www
$ cd /
$ cd ..
$ cd ~
$ cd ../../
3. rm (remove file/dir) menghapus file/directori
contoh :
$ -f ashtho.doc
$ -fR /home/ashtho/data

4. mkdir (make dir) membuat directori baru
contoh :
$ mkdir /var/www/site
$ mkdir -p /home/ashtho/data/rahasia

5. cp (copy file/dir) meng-copy file/directori
contoh :
$ cp /home/ashtho/data/ketik.doc   /home/ashtho/data/word
$ cp -R /home/ashtho    /home/software

6. mv (move file/dir) memindahkan atau mengubah nama file/directori
contoh :
$ mv /home/ashtho/nisa.doc    home/icha/dataku
$ mv data_lama.doc   data_baru.doc

7. pwd (menampilkan lokasi dir saat ini)
contoh :
$ pwd /home/ashtho/data

8. clear (membersihkan tampilan layar)
contoh :
$ clear

9. touch (membuat file baru yang masih kosong)
contoh :
$ touch dokument.txt

10. chmod (mengubah hak akses file/directori)
contoh :
$ chmod 755 /home/data/coba.txt
$ chmod -R 755 /home/data/coba

11. chown (mengubah kepemilikin file/directori)
contoh :
$ chown ashtho.ashtho  dataku.txt
$ chown -R ashtho.ashtho  /home/ashtho/data


Bagaimana sob??? Cukup mudahkan mengoperasikan Sistem Operasi berbasis Linux. Semoga dapat bermanfaat buat sobat sekalian, salam .:: ashtho ::.

Wassalam . . . 

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer